Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Event

Tanggapan Prof. KH. Zainal Abidin Tentang Buku Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso

Editor
Tanggapan Prof. KH. Zainal Abidin Tentang Buku Muhammad Adnan Arsal Panglima Damai Poso
Prof. KH. Zainal Abidin (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

Palopo Media, Palu –  Diskusi dan bedah buku “Muhammad Adnan Arsal Panglima damai Poso” digelar di Ballroom Swiss Bell Hotel, kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (21/01/2022).

Dalam kegiatan ini, menghadirkan tokoh agama dan pimpinan ormas Islam terkemuka.

Prof. KH. Zainal Abidin, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu mengungkapkan strategi dialog yang digunakan Kyai Haji Muhammad Adnan Arsal untuk mendamaikan Poso sudah sesuai dengan ajaran Islam.

“Sudah sesuai yang disampaikan ulama-ulama kita dalam menyelesaikan konflik,” kata Zainal Abidin saat menjadi keynotespeaker dalam diskusi dan bedah buku itu.

Ia mengatakan, dalam buku yang ditulis tersebut, KH. Muhammad Adnan Arsal selalu mengutamakan dialog.

Menurut Zainal, memang dialog ini merupakan salah satu cara ketika kita menyelesaikan persoalan dan memecahkan perbedaan-perbedaan yang muncul.

“Semakin banyak berdialog, maka akan semakin terbuka, dibanding tertutup, kita tidak tahu apa yang diinginkan orang lain,” katanya.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng ini mengatakan, konflik itu biasa terjadi, kalau kita saling curiga dan menuduh, dalam agama Islam disebut suudzon (buruk sangka).

“Jadi hilangkan buruk sangka, sebab itu perbuatan tidak terpuji,” sebutnya.

Olehnya, kata dia, selaku Ketua FKUB Sulteng dan Ketua MUI Kota Palu, tidak pernah berpikir ada Islamisasi dan tidak pernah berkata ada kristenisasi.

Ia juga mengutip, salah satu kata-kata yang disampaikan Haji Muhammad Adnan Arsal dalam buku tersebut yakni, jika agama dipelajari dan dipraktekkan dengan sungguh-sungguh, maka pertikaian itu tidak akan terjadi.

Baca Juga  Bedah Buku Wajah Polisi Presisi: Melahirkan Banyak Motivasi dan Prestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan Konten