Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
News

Rumah Milik Wanita Lansia di Palopo Ludes Dilalap Si Jago Merah, Ini Rintangan Dalam Proses Pemadaman

Editor
Rumah Milik Wanita Lansia di Palopo Ludes Dilalap Si Jago Merah, Ini Rintangan Dalam Proses Pemadaman

PALOPO – Sebuah rumah milik seorang wanita yang telah Lanjut Usia (Lansia) di Kota Palopo ludes dilalap si jago merah, Kamis (16/09/2021).

Rumah yang terletak di Jl. Gunung Jati, Kelurahan Tomarundung, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo tersebut merupakan milik Yohana Sepang (80).

Api diperkirakan membakar rumah tersebut sekitar pukul 12.30 Wita.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Palopo Andi Musakkir Poke SIP MSi kepada palopomedia.com mengungkapkan bahwa rumah yang terbakar adalah rumah semi permanen yang seluruhnya berbahan kayu.

Dalam proses pemadaman, menurut Andi Musakkir, timnya ke lokasi pada pukul 12.50 Wita setelah melihat adanya indikasi terjadi kebakaran.

“Kami melihat kepulan asap dari kantor dan segera mengerahkan 2 unit untuk respon time di masing-masing sektor utara (unit 301) dan sektor timur (unit 201) disusul 4 unit kendaraan pemadam dari kantor wilayah (3 mobil pemadam unit 102, unit 103, unit 101 dan 1 mobil tanki/supply unit 106)  sampai seluruh unit tiba dilokasi kurang lebih pada pukul 12.52 Wita dengan kekuatan personil sebanyak 20 orang,” jelasnya.

Rintangan Dalam Proses Pemadaman Api

Proses pemadaman api rumah yang kebakaran di Kota Palopo (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

Ia juga mengungkapkan bahwa api terlanjur membesar karena tidak adanya infomasi atau telfon aduan yang masuk ke nomor panggilan darurat dari warga sekitar.

Selain itu, akses jalan yang cukup sempit menuju lokasi kebakaran juga menjadi salah satu rintangan dalam proses pemadaman tersebut.

“Karena jalan yang cukup sempit, jadi hanya dapat dilalui mobil pemadam yang berkapasitas 3000 liter sehingga hanya beberapa unit mobil yang bisa menjangkau lokasi kebakaran dan kerumunan warga serta kendaraan roda 2 disekitar lokasi yang sdah terlanjur banyak,” jelasnya.

Meskipun mendapatkan banyak rintangan dalam proses pemadaman tersebut, kobaran  api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 13.45 Wita.

Lebih lanjut, Andi Musakkir mengatakan bahwa penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, namun sumber api berasal dari ruang depan rumah.

Akibat kejadian itu, 1 unit rumah semi permanen ukuran kurang lebih 6×9 m beserta perabotannya ludes terbakar.

“Dihimbau agar masyarakat ketika melihat atau menghadapi musibah┬ábaik kebakaran maupun kondisi yang membahayakan lainnya agar sesegera mungkin menghubungi emergency call kantor pemadam kebakaran dan penyelamatan kota Palopo melalui no hp/wa 085341341565,” tutupnya. (eko)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten