Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Nasional

P3KMHK-RI Dukung Pemberantasan Mafia Hukum Sektor Pertanahan dan Penghentian Kriminalisasi Petani Kopsa-M Riau

Editor
P3KMHK-RI Dukung Pemberantasan Mafia Hukum Sektor Pertanahan dan Penghentian Kriminalisasi Petani Kopsa-M Riau
Ketua P3KMHK-RI, Priyanto didampingi Sekretaris Jenderal, Eko Wahyudi dalam Konfrensi Pers tentang Peranan Dukungan Moral terhadap Kriminalisasi Petani KOPSA-M (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

JAKARTA – Perhimpunan Pejuang Pembela Korban Mafia Hukum dan ketidakadilan RI (P3KMHK-RI) mendukung Pemberantasan Mafia Hukum sektor pertanahan dan penghentian kriminalisasi terhadap Petani KOPSA-M.

P3KMHK ini merupakan organisasi advokat satu-satunya yang fokus dengan pendampingan terhadap korban mafia hukum dan ketidakadilan.

Priyanto Ketua Umum P3KMHK-RI didampingi Eko wahyudi Sekretaris Jenderal P3KMHK-RI mengatakan bahwa P3KMHK-RI saat ini fokus pada perjuangan untuk pemberantasan mafia hukum sektor pertanahan.

“Mafia hukum sektor pertanahan menjadi perhatian besar pemerintah saat ini. Polanya bersifat sistematis dengan melibatkan oknum dari aktor penegak hukum,” tegas Priyanto, Ketua P3KMHK-RI, dalam konferensi pers tentang Peranan P3KMHK-RI dalam membela Korban Mafia Hukum dan Ketidakadilan, Sabtu 09 Oktober 2021 di Jakarta.

“Berdasarkan catatan kementerian ATR pada bulan juni 2021, jumlah kasus mencapai 242 kasus. “Belum lagi yang tidak sampai ke Kementerian ATR/BPN,” sambungnya.

Sehubungan dengan itu, bercokolnya mafia tanah menimbulkan kekhawatiran pada masyarakat untuk melaporkan kasus.

“Kebanyakan masyarakat ketika menghadapi kasus mafia tanah, berpotensi besar di kriminalisasi,” katanya.

Begitupun dengan kasus mafia tanah yang dihadapi oleh 997 petani KOPSA-M (Koperasi Sawit Makmur), Desa Pangkalan Baru, Kampar Riau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten