Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Opini

OPINI: Krisis Iklim dan Fenomena Tahunan Banjir Malangke

Editor
OPINI: Krisis Iklim dan Fenomena Tahunan Banjir Malangke
Banjir di Malangke (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

OPINI – Letak geografis indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra atau yang biasa kita sebut Indonesia terletak pada garis khatulistiwa, hal tersebut menyebabkan Indonesia sangat rentan terkena dampak perubahan iklim dari belahan dunia lain.

Sejumlah faktor yang berperan dalam penyebab perubahan iklim di Indonesia diantaranya naik-turunnya suhu permukaan laut,inter-tropical convergence zone(ITCZ), dipole mode indeks(DMI), suhu permukaan laut di samudra pasifik monsun asia tenggara-australia, sirkulasi Hadley dan Walker, serta arus lintas indonesia(arlindo), serta sistem peredaran angin(angin pasat,angin meridional,angin lokal.

Keseluruhan hal tersebut berinteraksi kemudian membentuk suatu kondisi baik lokal, regional ataupun gonal, yang nantinya menentukan varian iklim yang ada di Indonesia, dalam hal ini kondisi iklim global juga akan berdampak pada perubahan iklim yang ada di Indonesia.

Penyebab dari krisis iklim itu sendiri ada berbagai hal, diantaranya:

Gas rumah kaca

Meliputi Karbon dioksida(CO2), Metana, Dinitrogen oksida dan Gas berfluorinasi.

Gas gas diatas bekerja memerangkap panas matahari dalam rumah kaca dan tidak kembali ke udara sehingga tersimpan di bumi dan menyebabkan peningkatan dari suhu bumi itu sendiri.

Peningkatan Emisi

Perubahan iklim juga terjadi dari aktivitas manusia yang didominasi pada sektor-sektor industrial yang menyebabkan peningkatan emisi seperti pertambangan dengan corong besi yang mengeluarkan asap dari mesin-mesin yang digunakan mengolah sumberdaya alam yang tidak ramah lingkungan, pembangkit listrik yang menggunakan batu bara misalnya aktifitas-aktifitas semcam ini meningkatkan karbon dioksida dan dinitrogen oksida yang ada di bumi.

Di era industrialisasi kegiatan-kegiatan seperti itu terus berlangsung tiap harinya maka bisa dikatakan sumbangsi yang paling besar terhadap pemanasan global hari ini dilakukan oleh industri-industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten