Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Nasional

Moderating Effect of Pancasila: Dari dan Untuk?

Editor
Moderating Effect of Pancasila: Dari dan Untuk?
. Ikhsan Tualeka, CEO/Founder IndoEast Network (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

“Karenanya Pancasila jangan ditarik ‘ke kanan’ dan ‘ke kiri’, tetapi diletakkan di posisi tengah agar tetap menjadi rujukan bersama kehidupan berbangsa dan bernegara.”

Oleh: M. Ikhsan Tualeka (CEO/Founder IndoEast Network)

OPINI – Setiap 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, menjadi momentum penting bagi setiap generasi, untuk memahami dan memaknai sehingga dapat mengimplementasikan Pancasila dengan lebih baik dan sungguh-sungguh. Bukan basa-basi atau sekadar seremonial.

Mendiskusikan Pancasila, tentu ada berbagai pandangan dan pemikiran, tapi dalam catatan pendek ini saya hendak membahasnya dalam dua konteks utama. Pertama, adalah Pancasila From atau Pancasila Dari dan Kedua, Pancasila For atau Pancasila Untuk.

Pancasila Dari

Dalam konteks ini Pancasila jelas adalah fondasi kebangsaan yang lahir dan dihasilkan para pendiri bangsa.

Pancasila yang perumusannya mengalami proses dinamis sejak Pidato Soekarno 1 Juni 1945, Piagam Jakarta 22 Juni 1945, dan rumusan final 18 Agustus 1945 merupakan konsensus nasional dari berbagai golongan yang berlatar belakang majemuk menjadi Bhinneka Tunggal Ika.

Oleh Proklamator RI Soekarno, Pancasila diposisikan sebagai “philosophische grondslag” atau “Weltanschauung”.

Yaitu sebagai fundamen, filsafat, pikiran yang sedalam-dalamnya, jiwa, hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan ‘Baileo’ Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi.

Pancasila adalah ‘kesepakatan agung’ komponen bangsa, hasil dari jiwa kenegarawanan para pendiri negara.

Satu konsensus moderat atau ‘tengah’ karena ada kebesaran jiwa untuk bersedia melepas “tujuh kata” yang lebih dikenal sebagai Piagam Jakarta, kemudian dikonversi menjadi sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten