Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Food

Manfaat Minum Segelas Kopi Dipagi Hari, Anti Stres dan Depresi

Editor
Manfaat Minum Segelas Kopi Dipagi Hari, Anti Stres dan Depresi
Segelas kopi (Foto: Eko Prasetyo/palopomedia)

PALOPO – Suasana hati dapat terjaga dengan baik jika meminum segelas kopi di pagi hari.

Hal itu diungkapkan dari berbagai penelitian yang telah dilakukan.

Dengan mengkonsumsi segelas kopi dipagi hari juga dikatakan mampu membuat setiap penikmatnya terhindar dari stres.

Dikutip dari halodoc.com, bagi sebagian orang, mengonsumsi segelas kopi di pagi hari tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga dianggap bisa meningkatkan mood alias suasana hati.

Tidak hanya itu, mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga diyakini bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kreativitas.

Salah satu konsumen yang ditemui di salah satu warung kopi (warkop) di Kota Palopo juga mengatakan hal yang sama.

Menurut Akram, dirinya merasa lebih besemangat ketika meminum kopi dipagi hari.

“Hampir setiap pagi saya menikmati segelas kopi sebelum beraktivitas. Lebih semangat rasanya ketika telah minum kopi,” ucapnya.

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi di salah satu warkop di Kota Palopo (Foto: Eko Prasetyo/palopomedia)

Berikut manfaat bagi tubuh jika rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari:

  1. Anti Stres dan Depresi
    Rutin mengonsumsi segelas kopi hitam di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. Stres tidak hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, tetapi bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya.
  2. Menurunkan Risiko Alzheimer
    Kandungan kafein dalam kopi juga disebut bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.
  3. Menurunkan Berat Badan
    Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer. Kafein yang terkandung di kopi hitam disebut bisa memacu metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, artinya penurunan berat badan bisa dicapai. Namun tentu saja, manfaat ini hanya bisa didapat jika konsumsi kopi hitam secukupnya dibarengi dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.
  4. Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2
    Mengonsumsi kopi hitam setiap hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini bisa dicegah. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Namun, beragam manfaat kopi tersebut bisa didapat jika dikonsumsi sewajarnya. Sebaliknya, berlebihan dalam mengonsumsi kopi malah bisa memberi dampak yang kurang baik, bahkan memicu efek samping bagi kesehatan tubuh.

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa mengakibatkan gangguan tidur di malam hari, gelisah, jantung berdebar, hingga gangguan pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten