Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Pendidikan

Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palopo Lakukan Pendampingan Literasi Al-Qur’an di Rongkong sebagai Wujud Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir IAIN Palopo Lakukan Pendampingan Literasi Al-Qur’an di Rongkong sebagai Wujud Pengabdian Masyarakat
Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir IAIN Palopo melakukan pengmas didampingi oleh Sekertaris Prodi, Teguh Arafah (Foto: Dok. HMPS IAT)

Palopo Media – Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) IAIN Palopo melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Rinding Allo, Rongkong, Kabupaten Luwu Utara.

Kegiatan ini dilakukan selama 4 hari, 24-27 Februari 2022.

Dengan mengusung tema ‘Literasi al-Qur’an Berbasis Masjid dan Sekolah Menuju Generasi Qur’ani di Desa Rinding Allo’ rangkaian kegiatan ini terfokus ke 3 titik yaitu Dusun Salurante, Manganan dan Kawalean.

Sebanyak 35 orang mahasiswa yang merupakan kombinasi dari semester 4, 6 dan 8 didampingi oleh Teguh Arafah ambil bagian dalam pengabdian ini.

Selama 4 hari di Desa Rinding Allo peserta kegiatan melakukan berbagai bentuk pengabdian berbasis literasi al-Qur’an seperti pemberian materi keagamaan untuk siswa(i) di dua Sekolah Dasar (SD), pendampingan TK/TPA di tiga masjid dusun, Khotbah Jum’at serta mengisi kultum setelah sholat magrib menjelang Isya.

Teguh Arafah selaku pendamping mahasiswa mengungkap bahwa tujuan kegiatan Pengmas ini dilakukan sebagai pengembangan literasi al-Qur’an kepada anak-anak serta perlibatan mahasiswa dalam berbagi ilmu yang di peroleh di perguruan tinggi.

“Selain itu kegiatan ini juga merupakan wujud implementasi Tridarma perguruan tinggi,” kata Sekertaris Prodi IAT tersebut.

Kades Rinding Allo sendiri mendukung penuh kegiatan ini bahkan berharap pengabdian semacam ini dapat berkelanjutan.

Warek Bidang Akademik IAIN Palopo, Muammar Arafat selaku perwakilan Institusi yang turut hadir juga memberikan apresiasi luar biasa terhadap gebrakan Prodi IAT .

“Kami atas nama pimpinan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat prodi IAT,” tuturnya.

Untuk diketahui Desa Rinding Allo sendiri merupakan salah satu desa wisata binaan Pemerintah Daerah.

Pemandangan asri nan sejuk di tempat ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.(mat)

Baca Juga  Mahasiswa KKN IAIN Palopo Isi Masa Akhir Pengabdian dengan Kegiatan Donor Darah di Mappedeceng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bagikan Konten