Palopo Media

Media Informasi Terkini

URL Berhasil Disalin
Nasional

Kapolri Akan Digugat Judisial ke MA oleh Perekat Nusantara

Editor
Kapolri Akan Digugat Judisial ke MA oleh Perekat Nusantara
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

Palopo Media, Jakarta – Kapolri akan digugat judisial ke Mahkamah Agung (MA) oleh Perekat Nusantara.

Hal itu diungkapkan oleh Petrus Selestinus sebagai Kordinator.

Petrus akan melayangkan gugatan itu bersama anggotanya Sugeng T. Santoso, Sebastian Salang, Daniel Tonapa Masiku, Piter Singkali, Mansyur Arsyad dan Jelani Christo.

Kemudian Robert Keytimu, Frans S. Delong, Robin Laytonga, Carel Ticualu, Erick S. Paat dan Zaenal Abidin.

Hal itu menurut Petrus, terkait Peraturan Kepolisian RI No.15 Tahun 2021.

Dimana peraturan itu tentang Pengangkatan Khusus dari 57 Eks Pegawai KPK Menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Polri.

Bagi Petrus, pembuatan dan substansinya bertentangan dengan UU No. 2 Tahun 2002 Tentang Polri, UU No. 5 Tahun 2014 Tentang ASN, UU No. 30 Tahun 2014 Tentang Admin. Pemerintahan dan UU No. 15 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Peraturan Perudangan-Undangan.

Menurut Petrus Selestinus, berdasarkan UU No. 5 Tahun 2014, maka pengadaan dan pengangkatan ASN di lingkungan Instansi Pemerintah, hanya boleh diselenggarakan oleh dan menjadi wewenang BKN Cq. Badan Pembina Kepegawaian.

“Berdasarkan ketentuan UU No. 5 Tahun 2014, Tentang Aparatur Sipil Negara dimaksud, sesungguhnya Kapolri tidak memiliki kewenangan memproses dan mengangkat sendiri ASN dan membuat Peraturan Perundangan sendiri,” ucapnya.

“Dimana  membuat dasar hukum khusus sendiri dengan mengangkat 57 Eks. Pegawai KPK, yang sudah dinyatakan tidak lulus tes menjadi ASN oleh BKN,” lanjut Petrus, Kamis (09/12/2021).

Baca Juga  Laksanakan Diklatsar Selama 1 Minggu, Angkatan ke-3 SAR Sawerigading Diharapkan Mampu Jadi Rescuer yang Handal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagikan Konten