Mudik Lebaran Dilarang? Lakukan Hal ini Guna Mengusir Kesepian saat Hari Raya

Blog Single

 

 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa pemerintah sepakat untuk melarang segala bentuk mudik selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2021, termasuk mudik lokal. Hal ini sebagai upaya mencegah penularan Covid-19.

 

Pelarangan ini tentu menjadi pukulan telak bagi sebagian besar masyarakat. Betapa tidak momen melepas rindu bersama keluarga di hari lebaran menjadi pupus. Terlebih mereka yang juga tidak mudik pada hari raya sebelumnya. 

 

Seperti yang diketahui bersama, pelarangan tersebut mulai berlaku dari tanggal 6-17 Mei 2021. Hari Raya Idul Fitri sendiri diprediksi akan jatuh pada 12 atau 13 Mei 2021. Membayangkan Idul Fitri tanpa kehadiran keluarga tentu sangat menyedihkan dan membosankan. 

 

Tapi jangan khawatir, berikut Palopomedia.com tips buat kalian agar momen Idul Fitri kali ini tetap menyenangkan. 

 

1. Lakukan Video Call dengan Keluarga

Ketika kerinduanmu sedang memuncak dan tak dapat lagi dibendung, maka solusi ini adalah yang paling tepat buat melampiaskan rasa rindumu kepada keluarga di kampung sana. Terlebih jika dihari lebaran, biasanya momen silaturahmi atau bermaaf-maafan adalah hal yang lumrah dilakukan. Namun, dengan adanya pelarangan mudik ini kalian tak bisa melakukannya secara langsung. Jadi, manfaatkan gadgetmu guna mempererat silaturahmi bersama keluarga.

 

2. Kumpul Bareng Teman Kerja atau Kuliah

Jika kamu masih di kos atau kontrakan saat momen lebaran, cobalah untuk mengajak rekan kerja atau kuliah agar suasananya lebih ramai. Dengan begitu momen lebaran akan jauh lebih seru, meskipun tak ada keluarga yang dapat mendekap kerinduanmu tapi ada teman-teman yang sedikitnya dapat mengobati rindu yang terpendam. 

 

3. Hibur Diri dengan Bermain Game

Jika kedua hal diatas tidak bisa mengurangi rasa kesepian kalian dimomen hari raya, maka cara ini mungkin dapat menjadi solusi lainnya. Terlebih jika kalian adalah pecinta game. Momen lebaran sendirian di kos akan lebih seru jika kalian bermain game favorit. Kadar stres akibat pelarangan mudik bisa menjadi tergerus oleh asyiknya bermain game.

 

Itulah 3 tips agar kalian tidak jenuh di momen hari raya. Jika rasa rindu belum juga bisa kalian kalahkan dengan tips diatas, maka lakukan cara-cara lain (sesuai kegemaran kalian). Pelarangan mudik memang menjadi pukulan telak bagi semua perantau, namun apalah daya ini semua dilakukan demi kebaikan bersama.

Share this Post:
Ditulis Oleh A. RAHMAT HIDAYAT
Avatar

0 Comments