Mengapa Hanya Adzan Magrib dan Subuh yang Dikumandangkan di Televisi Nasional?

Blog Single

 

Sholat 5 waktu merupakan kewajiban bagi setiap musim (hukumnya fardhu ain). Sholat yang dimaksud adalah Sholat Subuh, Dhuhur, Asar, Magrib dan Isya.

Dalam upaya untuk mensosialisikan atau mengajak masyarakat muslim untuk sholat, beberapa stasiun televisi lokal mengumandangkan adzan.

Namun, banyak yang bertanya-tanya, mengapa hanya Adzan Magrib dan Subuh yang disiarkan atau dikumandangkan. Adapun 3 waktu Sholat lainnya tidak dikumandangkan.

Pertanyaan ini tentu sering melekat dalam pikiran orang-orang. 

Berikut Palopomedia.com paparkan alasan logis mengapa hanya 2 Adzan sholat tersebut yang dikumandangkan dibeberapa stasiun televisi lokal tanah air.

Sholat 5 waktu memiliki waktu yang berbeda-beda. Sholat Magrib sendiri dilaksanakan ketika matahari sudah terbenam hingga hilangnya warna 'kemerah-merahan' di langit. Secara umum waktu Magrib masuk sekitar pukul 18.00 untuk wilayah Indonesia. Adapun batas akhirnya biasanya pada pukul 19.00 lewat beberapa menit. Oleh karena itu, waktu untuk melaksanakan Sholat Magrib relatif singkat yaitu kurang lebih 1 jam.

Adapun Sholat Subuh juga sama, waktunya sangat terbatas dan singkat, hampir sama dengan Magrib.

Bandingkan dengan waktu Sholat Dhuhur dan Asar yang waktunya berkisar antara 2-3 jam. Lebih-lebih lagi Sholat Isya yang waktunya lebih lama lagi, yaitu antara berakhirnya Magrib hingga waktu Subuh.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa stasiun televisi mengumandangkan Adzan Magrib dan Subuh dengan alasan waktunya relatif singkat. Harapannya masyarakat yang sedang asyik dengan aktivitas menonton sinetron atau acara apapun di televisi dapat segera bergegas melaksanakan kewajiban Sholat agar tidak kebablasan dan lupa.

Share this Post:
Ditulis Oleh A. RAHMAT HIDAYAT
Avatar

0 Comments