Kamu Harus Tahu! Ini Waktu Terbaik untuk Menunaikan Zakat

Blog Single

 

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari dan akan meninggalkan kita. Ibadah puasa wajib pun akan segera berakhir. Namun, ada kewajiban lain yang juga harus segera dilaksanakan. Kewajiban tersebut adalah membayar zakat fitrah.

 

Zakat fitrah sendiri adalah pengeluaran sebagian harta setiap muslim guna menyucikan amalan-amalan yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Sebuah hadis menyebutkan bahwa pahala orang yang berpuasa itu tergantung antara langit dan bumi, agar pahalanya sampai ke Sisi-Nya, maka jalan satu-satunya adalah dengan membayar zakat.

 

Namun, banyak masyarakat yang belum tahu menahu kapan waktu untuk membayar zakat fitrah. Menurut Imam Syafi'i (Mazhab yang paling banyak diikuti di Indonesia), pembayaran zakat fitrah sudah boleh dilakukan sejak awal bulan Ramadhan. 

 

Berdasarkan waktunya, ada beberapa hukum membayar zakat fitrah, mulai dari mubah, sunnah, makruh, wajib hingga haram.

 

Pertama, mubah yaitu membayar zakat mulai dari masuknya bulan Ramadhan hingga berakhirnya bulan Ramadhan (pada saat sebelum matahari terbenam di hari terakhir bulan Ramadhan).

 

Kedua, Wajib yaitu menunaikan zakat pada waktu terbenamnya matahari dihari terakhir bulan suci Ramadhan.

 

Ketiga, Sunnah yaitu membayar zakat fitrah pada waktu Subuh hingga sebelum Shalat Ied dilaksanakan (sebelum Imam melakukan takbiratul ihram)

 

Keempat, Makruh yaitu membayar zakat fitrah pada saat selesai dilaksanakannya Shalat Ied hingga sebelum terbenamnya matahari dihari raya.

 

Terakhir, Haram yaitu membayar zakat fitrah setelah terbenamnya matahari dihari raya Ied Fitri.

 

Berdasarkan uraian diatas, maka kita sebaiknya segera menunaikan zakat agar tidak kebablasan atau kelupaan membayarnya. Apalagi zakat merupakan sebuah kewajiban yang mutlak bagi setiap muslim yang memiliki kelebihan makanan pada saat hari raya.

Share this Post:
Ditulis Oleh A. RAHMAT HIDAYAT
Avatar

0 Comments